Yuk nabung saham

Bagi para roker, sekarang sering ada iklan di TV yg ada di KRL yg bunyi nya ttg anjuran untuk nabung saham. Sebetulnya gimana sih caranya?

Dulu saya jg bingung. Nabung itu yg saya tau ya di bank. Masukin uang ke tabungan yg bunganya cuma 1% per tahun. Eh tp masih lumayan kan daripada masukin di celengan rumah yg gak dapet bunga. Nah kl udh rada banyak, biasanya dimasukin ke deposito yg bunganya rada gede dikit, bisa 4-5% per tahun.

Sekarang saya gak mau lagi tuh. Soalnya dengan nabung saham, kita bisa dapet bunga yg lebih besar (bisa sampe 20% per tahun). Tentunya ada banyak info yg simpang siur yg kita dengar tentang saham. Mulai dari “jual beli saham ribet” sampai “saham itu judi”.

Tentunya kalau kita mau banyak belajar, kita bisa tau saham mana sih yang bagus dan mana saham gorengan. Saham gorengan ini gak bagus buat investment, soalnya harganya fluktuatif. Naik turun kaya naik roller coaster. Wah, bisa gak bisa tidur nanti.

Kalau saya, sukanya terima beres. Jadi saya bergabung dengan komunitas Happy Billionaires Club. Komunitas HBC ini membantu orang2 awam (termasuk newbie seperti saya) mulai dari 0 sampe membimbing caranya beli saham.

Nah, kebetulan banget tgl 14 Agustus 2017 mau ada kelas Free Trial. Belajarnya pakai WA groups, jadi bisa sambil momong anak di rumah.

Buat yg minat, boleh comment di bawah, nanti saya daftarin. Thank you.

Advertisements

Welcome to the world baby Raphael

Myth: anak ke2 lahir lbh cpt

Fact: wrong

Myth: anak ke2 lebih gampang lahirnya krn udh ada jln lahirnya

Fact: wrong (not always)

Dulu waktu lahiran Mike, perfect timing banget. Jumat hr terakhir kerja, eh minggu nya udh lahir. Dan lahirnya termasuk lancar, se normal normal nya.

Pas nunggu lahiran Raphael, tentu saja gua berharap akan lbh mudah (refer to the myths above).

1. Krn dl lahiran mike di 38w, gua pikir bisa maju ke 37w buat adiknya. Jadilah gua cuti dimulai 37w3d. Ternyata oh ternyata sampe 39w blom lahir jg.

2. Krn udh kelamaan nunggu, jdnya super excited buat ke kamar bersalin dan bolak balik nanyain induksi ke susternya.

3. Cerita2 kl diinduksi itu sakit adalah BENAR!!!!

Ok, now the story goes:

Gua mulai cuti tgl 13 Juni. Tiap pagi + malem hubby nanyain udh ada tanda2 blm?

Kamis malem tgl 23 Juni, ada bercak coklat dikit. Krn udh cuti kelamaan, jd lah gua n hubby super excited ngeliatnya. Walaupun gua sempet ragu sih krn yg dl bercaknya lbh byk.

Malem itu jg kita berangkat ke RS Carolus. Langsung menuju kamar bersalin. Sama kaya dl, ditanya2 byk bgt…. baru deh diperiksa bukaan. Ternyata sodara2… baru bukaan 1 sempit. Haduuuh malu bukan main…. instruksi dokter disuruh nginep utk observasi, krn anak ke2 bs lbh cpt nambah bukaannya. Tapi gua milih plg aja. Ogah ah nginep di kamar bersalin.

Jd lah kita plg lg kamis mlm itu. kita pikir ah msh lama jg lah…. denger2 dr tmn bukaan 1 ke bukaan 2 bs seminggu.

Jumat pagi, suami nanyain tanda2… krn ga ada apa2, berangkat lah dia ke kantor. Pas dia msh di jln, taunya ada keluar darah merah kaya haid lumayan byk. Aku shock donk, krn kl hamil kan keluar darah gt bisa keguguran…. jadilah sibuk telponin suami utk buru2 ke RS.

Krn posisi suami di taman suropati, udh deket ke RS Carolus, jd aku berangkat langsung dr rmh sama ortu dan Mike.

Begitu sampe kamar bersalin, dibilangin sama bidan yg senior (dl wkt lahiran Mike dia udh ada) kl keluar darah / pendarahan bukan tanda2 mau bersalin. Tanda mau bersalin itu kl udh kontraksi/mules per 5 menit atau ketuban pecah. Sementara saat itu sama skali aku ga ada mules. Tapi aku ngotot krn dl jg ga mules pas anak ke1.

Jd lah aku masuk lg ke kamar bersalin, ditanya2 lagi dan dicek bukaan…. dan sodara2 cuma baru bukaan 2 donk. Pengen plg lg tp malu… trus suami jg males bolak balik lg. Jd ya udh kita nunggu aja dl disitu.

Diobservasi sama bidan n suster2 yg super sabar di carolus. Aku bolak balik tanya ke mereka knp ga diinduksi aja? Ktnya perintah dokternya gitu, ditunggu aja sampe lahir se normal2 nya. (Hmm okeh ini emang typical dokter pilihan ku, jd yah udh resiko deh). Padahal sampe jam 5 sore itu baru bukaan 3 doank loh… lama buanget kan.

Sekitar jam 7 malem dicek lagi masih sama bukaan 3 jg. Aku udh hopeless, ini kayanya baby masih betah di dlm, mgkn hrs nginep di kamar bersalin atau malah pulang lg. Ternyata instruksi dokter kali ini adalah induksi dgn 1/4 tablet gastrul. Disuruh ttd surat pernyataan dsb… masih dgn berani ttd krn mikir ah paling kaya apaan.

Jam 8.15 malem mulai diinduksi. Masih bs ketawa2 sama hubby, jalan2 muterin kamar bersalin. Jam 9.30 udh mulai sakiiiiiit meringis kesakitan. Ga mau jalan2 lg, maunya tiduran aja. Lupa jam brp udh mulai ngaco, minta di caesar aja ke hubby krn udh ga tahan sakitnya. Untung aja emang RS, dokter plus hubby semua pro normal. Jd pasti ga ada yg stuju di caesar.Lagian udh nanggung kt hubby.

Jam 10an minta ke bidan buat di cek bukaan, tp ktnya instruksi dokter jam 12 baru di cek lg. Haduh aku udh ga tahan lg. Aku bilang ke bidannya kl berasa mau pup. Jadilah dicek juga, dan ternyata udh bukaan 8 donk. Eaaah kaya gt kaga mau cek lagi. Langsung dokter dipanggil. Ambulance berangkat utk jemput dokter.

Aku disuruh tiduran hadap kiri dan ga boleh ngeden krn nunggu dokter Benny datang naik ambulance. Waduh baby Raphael udh ga sabar mau keluar nih, rasa sakit semakin menjadi.

Jam 11an aku teriak “suster ada yg mau keluar”. langsung deh mereka datang, ngecek2 trus byur…. berasa basah… ketuban ku pecah. Salah 1 bidan bilang “gpp bu itu air ketuban”. Trus mereka sibuk gantiin alas yg basah dsb (udh ga peduli krn sakit).

Ga lama kemudian aku teriak lagi “suster ada lagi yg mau keluar”. Salah 1 bidan langsung cek dalam, dan katanya udh bukaan lengkap. Trus dia blg boleh ngeden nanti dia yg bantu keluarin bayinya.

Stelah diposisiin buat lahiran, aku teriak lg ke bidannya “ga jadi, ga jadi”… Trus bidannya bilang,”gimana ga jadi bu, udh keluar ini bayinya. Tinggal ngeden dikit aja”

Ok, siap2 tarik napas buat ngeden, dan hooop …. Tau2 bidan bilang “udah bu, udah ga usah ngeden lagi.” Kt suamiku udh keluar 1/2 badan baby nya. Abis itu,baby raphael dikasih ke aku buat IMD. Pas liat mukanya…. Lhaaa ini Raphael atau Michael sih? Mukanya sama persis sama kokonya.

Lamaaaaa stlh itu baru deh dokter dtg, trus mau jahit bag bawah itu. Kali ini dibius dulu (yg dl ga dibius), sakiiit pas disuntiknya. Beda deh sama dulu.

Yah segitu aja deh cerita lahirannya. Nulisnya lama ya, ini sampe baby nya udh umur 4 bln baru di publish.

Hunting Daycare di BSD (again)

Setelah nulis daycare in bsd dan daycare in bsd(updated), akhirnya saya nulis lg ttg hunting daycare deh.

Emang sih cari daycare tuh susah2 gampang yah. Mgkn ampir mirip dgn cari mba/bs yg buat nemenin anak kita di rmh.

Coba kita list lagi ya daycare yg ada, disini udh saya tambahin bbrp daycare yg baru buka.

1. Wahana balita sehat (wbs)
Lokasi: RS Bunda Dalima, Nusa Loka
Pengasuhnya para perawat RS (nurse) dan ada gurunya

2. Step one
Lokasi: The Green, BSD
Ada sekolahnya toddler sampe pre k saja. Ga ada TK nya.

3. BKids
Lokasi: Kencana Loka, BSD (deretan granada square)
Ada sekolahnya tp hanya playgroup

4. Little eggs Daycare
Lokasi: kencana loka, BSD

5. Little March Daycare
Lokasi: Grand Serpong 2 (BSD coret dikit)

6. Bilik Dolan
Lokasi: sektor 1.4 Griya Loka (sebelah SD Raudah)

7. Sunny place schoolhouse
Lokasi: Anggrek loka, BSD
Kl disini bukan daycare, tp full day school. Sekolahnya mulai dr 2 th sampe 6 th (ada TK)

8. Shallom Housecare
Lokasi: Nusa loka, BSD

9. Turtle daycare
Lokasi: Melati Mas (kejauhan ya dr BSD)

10. Kepik Kuning
Lokasi: Amarapura (makin jauh aje dr BSD hihihi)

11. Icare
Lokasi: Nusaloka, BSD

12. Mutiara umi
Lokasi: sektor 1.1 atau 1.3 griya loka. (Deket taman jajan)

13. Young gemynds (sorry kl salah tulis, abis namanya susah)
Lokasi: the icon, BSD
Ada sekolahnya, level international. Harga yahud booo

14. Chrysalis
Lokasi: Gading Serpong (jauh ya dr BSD)

15. Ombo (omah bocah)
Lokasi: Serpong terrace (baruuuu buka bln ini)

16. Nto pondok jagung (jauh dari BSD)

17. Anak panah
Lokasi: panorama serpong (rada jauh dr BSD)

18. Rodeo daycare
Lokasi: gading serpong, deket bunderan sms

Udh segitu dl deh. Nanti ditambahin lg kl nemu lg. Feel free to put more in the comment.

Daycare in BSD (updated)

Sebelumnya, saya pernah posting ttg info2 daycare di seputar BSD. Bisa dilihat postingannya di sini https://anita2506.wordpress.com/2013/06/24/daycare-in-bsd/

Saya mau update beberapa hal. Ada tambahan daycare lain yg sebelumnya gak dicantumin (krn baru tau belakangan).

1. Wahana Balita Sehat (wbs)

(+) Pengasuhnya perawat RS sama ada 1 guru nya. Dapat makan 3x dan buah 2x. Pengasuhnya sabar bgt nyuapin makan n pinter kasih minum obat/vit.

2. i care

Udh pernah survei, semua OK. tapi faktor (-) nya gak dapat makan. itu selalu bikin saya gak jadi coba masuk sini.  Soalnya saya agak kesulitan kl harus masakin makanan buat si kecil tiap hari.

3. Step one

(+) ada preschool nya di bawah, jd pagi sekolah dl, baru siang-sore naik ke atas (daycare nya di lantai 2). Dapat makan+snack. Mainan nya buanyaaaaak buanget. dijamin anak2 gak bakal bosen deh.

(-) lokasi daycare di lantai 2, jd harus naik turun. krn utamanya adalah preshcool, jadi gak boleh kl cuma mau daycare aja. harus jd murid situ.

Pas nyoba di step one, anak saya seneng banget. dia suka sama miss nya dan suka mainan nya. tapi gak tau ya, waktu dipanggil sama mba nya, koq dia gak mau mendekat? kenapa ya???

4. Top i educare

(+) ada sekolahnya (preschool, tk n belajar ngaji)

(-) cuma sampe jam 5 sore. kayanya susah nih ya, walau kantor saya cuma 3 km aja, tp kan jam pulang kantornya 5.30. nah loh nanti 30 menit nya gimana tuh?

5. Bilik Dolan

(+) suasana nya enak, hommy banget. dapet makanan home made + snack/buah. Disini jg mainan nya buanyaaaak buanget.

===============================================

Buat no 6 dan 7  di posting sebelumnya gak saya bahas ya.

6.  Chrysalis (new)

Lokasi: Gading serpong

(+) ada sekolahnya di bawah (preschool n TK), daycare nya di atas.

(-) Gak dpt makan. tapi bisa di provide dgn biaya 18,000/porsi

7. Sunny Place Schoolhouse (new)

Lokasi: Anggrek Loka, BSD

(+) ada sekolahnya (preschool n TK)

(-) gak dpt makan

Mike’s life in daycare

Mungkin ada yg udh baca postingan gua sblm nya soal daycare? Ya skrg gua mau cerita soal mike di daycare.

Ga terasa udh 3 bln Mike di daycare. Dlm hal ini tentunya yg dimaksud wbs (wahana balita sehat). Sebetulnya ada 1 2 hal yg bikin gua pengen mindahin mike ke daycare lain,tp krn blm nemu yg lbh ok plus mike nya seneng di wbs ya sampe hari ini jd msh disitu.

Makan: hmm kl sblm msk wbs mkn nya susah,skrg sama sih kadang susah jg. Kl udh susah itu ya,semua mkn an dilepehin tu,aduh kesel campur sedih kl d rmh,soalnya itu kan gua masak cape2 koq ya dilepeh gt aja,jd ga bs dimakan kan.
Tp gua seneng udh bbrp hari ini dpt laporan dr miss nya kl mike pinter mkn nya.
Emang sih kerasa dr “berat” nya pas gua gendong. Jd sbenernya kl miss nya boong,bs aja,tp ga bakal berat donk ya? Hehehe…

Ngomong: udh ada bbrp kata2 yg kedengeran jelas (kadang2 sih) kaya misalnya pagi2 bgn tau2 mike bilang “mau pergi” sambil ambil tas sekolah nya. Atau pas lg sakit mike rada rewel trus tarikin baju gua sambil blg “jgn pergi”.
Oiya bs jg nyanyi topi saya bundar walau mentok di “topi” (selanjutnya hrs dibantu)

Motorik: nah ini dia… Kayanya bkn dr daycare sih,emang dr sblm nya udh aktif,ga bs diem gt anaknya. Cm kl skrg bebas lari2an tiap hari kan. Nah ini jg yg bikin gua was2. Soalnya udh bbrp x mike plg dgn benjol di jidat. Entah yg kesandung karpet lah,nabrak tmn nya lah, atau bahkan ga lg lari,lg duduk tau2 di dorong tmn nya… Haduuuh

Nangis: nah ini kayanya trik yg dia pelajari di daycare. Soalnya dl gak kaya gini. Skrg kl apa yg dia mau gak diturutin,pasti dia “nangis” pdhal boongan. Sama kl diomelin jg gt. Nangis tp boong. Air mata buaya gt. Hahaha ampun deh ya msh kecil udh bs “air mata buaya”

Hmm apa lagi ya?
Ya so far sih gua ngeliat kl Mike lumayan “terurus” dgn baik lah di daycare ini.

Kl pas sakit ky wkt itu diare,gua lsg di sms buat konfirmasi obat. Oiya added value di wbs yg ngasuhnya perawat rs,jd mrk pinter tuh kl kasi minum obat. (Kl gua sampe lari2 paksa2 cekokin obat eh malah tumpah pula hiks)

Daycare in BSD

Ini ada list daycare yg sempat gua survei di daerah BSD. Ada jg sih yg cm di telp aja (blm survei tempat nya)
1. Wahana Balita Sehat
Lokasi di RS Bunda Dalima,Nusaloka,BSD

(+) Pengasuhnya perawat RS sama ada 1 guru nya. Dapat makan 3x dan buah 2x

2. I-care
Lokasi: sektor 14.4 Nusaloka BSD

(+) Ada nanny, ART, sama 2 guru. Ada cctv nya juga.

(-) gak dpt makan

3. Step One
Lokasi: the green BSD

(+) ada preschool nya di bawah, jd pagi sekolah dl, baru siang-sore naik ke atas (daycare nya di lantai 2). Dapat makan+snack

(-) lokasi daycare di lantai 2, jd harus naik turun.
4. Top I educare
Lokasi: Kencana Loka, BSD
5. Bilik Dolan
Lokasi: sektor 1.4, griya loka BSD

(+) suasana nya enak, hommy banget. dapet makanan home made + snack/buah

6. Rumah Kecik –> ini kayanya udah tutup, soalnya susah banget ditelp

7. Mutiara Ummi

Lokasi: sektor 1.3, griya loka BSD

(+) rumah nya baru direnov. mainan dan perlengkapan bagus.

(-) masih kosong…. ga ada anaknya. jd kl masuk sini Mike bakal sendirian…

survei stelah ada anak2nya: lsg ga sreg, soalnya ngeliat 2 org pembantu perempuan (yg 1 gendong baby pake gendongan, yg 1 gendong anak umur 1 taon an) sementara 2 anak makan (sendiri) dgn agak dicuekin + 1 pembantu laki2 yg lagi ngejar2 kasih makan anak. the house was chaotic.

Mike in Daycare

Pertimbangan untuk masukin Mike ke Daycare sebenernya udah lumayan lamaaaaaa….. (as in 1 year ago???)

Waktu itu gue baru abis cuti hamil, dan Mike umur 3 bulan. Kita kebingungan ga ada yg bisa jaga Mike. Udah survei beberapa daycare, tapi koq kasian yah… ga ada temen nya yg umur 3 bln. Kt mba yg jaga sih “boleh aja bu, tp anak disini umurnya di atas 2 th, kasian anak ibu nanti digangguin yg lain” :s

Akhirnya wkt itu kita minta tolong ke nyokap gue untuk bantu jaga Mike.  OK, time flies, kita sempet lupa tuh ama yg namanya daycare. trussss… gue sakit, nyokap gue sakit, aaaah kita pd sakit gara2 kecapean. Akhirnya kita putusin buat beli rmh di deket kantor gue (a.k.a BSD).

Setelah beli rmh di BSD, balik lg ke masalah awal…. Who will take care of my son?

Akhirnya survei2 beberapa daycare di daerah BSD. Yaaa, singkat cerita akhirnya kita milih 1 daycare. Namanya Wahana Balita Sehat. Lokasinya di RS Bunda Dalima, Nusaloka, BSD.

Alasan kita pilih daycare yg ini:

1. Makan nya disuapin. hihihi… yah, Mike makan nya susah banget dan di daycare ini gue liat para perawatnya sabar2 buat nyuapin dia makan.

2. Yang jaga itu para perawat, jd bukan sekedar mba atau nanny aja.

3. Makanan di provide oleh dapur RS yg diawasi oleh ahli gizi… hmmm so pasti lebih pinter dr sekedar mba/suster aja ya…

Day 1: On the first day, actually I was hoping a little crying from Mike. But no… oh no, I was soooo wrong. Mike was playing happily in the daycare when I left for work. When I picked him up after work, he looked happy… singing and smiling in the car.

Day 2: Again no crying, he likes the daycare a lot I assume. Buuuutttt… when I picked him up, the miss said he was crying in the afternoon… maybe he was tired. In the car, he just sat there and looking out the window.

Day 3: Oooh no, I thought everything will be smooth. This morning when I left for work, he didn’t want to let me go. He rejected when the miss tried to hold him. But when we took him to take a bath, he started smiling and playing…. I hope this afternoon he will be just fine.