Welcome to the world baby Raphael

Myth: anak ke2 lahir lbh cpt

Fact: wrong

Myth: anak ke2 lebih gampang lahirnya krn udh ada jln lahirnya

Fact: wrong (not always)

Dulu waktu lahiran Mike, perfect timing banget. Jumat hr terakhir kerja, eh minggu nya udh lahir. Dan lahirnya termasuk lancar, se normal normal nya.

Pas nunggu lahiran Raphael, tentu saja gua berharap akan lbh mudah (refer to the myths above).

1. Krn dl lahiran mike di 38w, gua pikir bisa maju ke 37w buat adiknya. Jadilah gua cuti dimulai 37w3d. Ternyata oh ternyata sampe 39w blom lahir jg.

2. Krn udh kelamaan nunggu, jdnya super excited buat ke kamar bersalin dan bolak balik nanyain induksi ke susternya.

3. Cerita2 kl diinduksi itu sakit adalah BENAR!!!!

Ok, now the story goes:

Gua mulai cuti tgl 13 Juni. Tiap pagi + malem hubby nanyain udh ada tanda2 blm?

Kamis malem tgl 23 Juni, ada bercak coklat dikit. Krn udh cuti kelamaan, jd lah gua n hubby super excited ngeliatnya. Walaupun gua sempet ragu sih krn yg dl bercaknya lbh byk.

Malem itu jg kita berangkat ke RS Carolus. Langsung menuju kamar bersalin. Sama kaya dl, ditanya2 byk bgt…. baru deh diperiksa bukaan. Ternyata sodara2… baru bukaan 1 sempit. Haduuuh malu bukan main…. instruksi dokter disuruh nginep utk observasi, krn anak ke2 bs lbh cpt nambah bukaannya. Tapi gua milih plg aja. Ogah ah nginep di kamar bersalin.

Jd lah kita plg lg kamis mlm itu. kita pikir ah msh lama jg lah…. denger2 dr tmn bukaan 1 ke bukaan 2 bs seminggu.

Jumat pagi, suami nanyain tanda2… krn ga ada apa2, berangkat lah dia ke kantor. Pas dia msh di jln, taunya ada keluar darah merah kaya haid lumayan byk. Aku shock donk, krn kl hamil kan keluar darah gt bisa keguguran…. jadilah sibuk telponin suami utk buru2 ke RS.

Krn posisi suami di taman suropati, udh deket ke RS Carolus, jd aku berangkat langsung dr rmh sama ortu dan Mike.

Begitu sampe kamar bersalin, dibilangin sama bidan yg senior (dl wkt lahiran Mike dia udh ada) kl keluar darah / pendarahan bukan tanda2 mau bersalin. Tanda mau bersalin itu kl udh kontraksi/mules per 5 menit atau ketuban pecah. Sementara saat itu sama skali aku ga ada mules. Tapi aku ngotot krn dl jg ga mules pas anak ke1.

Jd lah aku masuk lg ke kamar bersalin, ditanya2 lagi dan dicek bukaan…. dan sodara2 cuma baru bukaan 2 donk. Pengen plg lg tp malu… trus suami jg males bolak balik lg. Jd ya udh kita nunggu aja dl disitu.

Diobservasi sama bidan n suster2 yg super sabar di carolus. Aku bolak balik tanya ke mereka knp ga diinduksi aja? Ktnya perintah dokternya gitu, ditunggu aja sampe lahir se normal2 nya. (Hmm okeh ini emang typical dokter pilihan ku, jd yah udh resiko deh). Padahal sampe jam 5 sore itu baru bukaan 3 doank loh… lama buanget kan.

Sekitar jam 7 malem dicek lagi masih sama bukaan 3 jg. Aku udh hopeless, ini kayanya baby masih betah di dlm, mgkn hrs nginep di kamar bersalin atau malah pulang lg. Ternyata instruksi dokter kali ini adalah induksi dgn 1/4 tablet gastrul. Disuruh ttd surat pernyataan dsb… masih dgn berani ttd krn mikir ah paling kaya apaan.

Jam 8.15 malem mulai diinduksi. Masih bs ketawa2 sama hubby, jalan2 muterin kamar bersalin. Jam 9.30 udh mulai sakiiiiiit meringis kesakitan. Ga mau jalan2 lg, maunya tiduran aja. Lupa jam brp udh mulai ngaco, minta di caesar aja ke hubby krn udh ga tahan sakitnya. Untung aja emang RS, dokter plus hubby semua pro normal. Jd pasti ga ada yg stuju di caesar.Lagian udh nanggung kt hubby.

Jam 10an minta ke bidan buat di cek bukaan, tp ktnya instruksi dokter jam 12 baru di cek lg. Haduh aku udh ga tahan lg. Aku bilang ke bidannya kl berasa mau pup. Jadilah dicek juga, dan ternyata udh bukaan 8 donk. Eaaah kaya gt kaga mau cek lagi. Langsung dokter dipanggil. Ambulance berangkat utk jemput dokter.

Aku disuruh tiduran hadap kiri dan ga boleh ngeden krn nunggu dokter Benny datang naik ambulance. Waduh baby Raphael udh ga sabar mau keluar nih, rasa sakit semakin menjadi.

Jam 11an aku teriak “suster ada yg mau keluar”. langsung deh mereka datang, ngecek2 trus byur…. berasa basah… ketuban ku pecah. Salah 1 bidan bilang “gpp bu itu air ketuban”. Trus mereka sibuk gantiin alas yg basah dsb (udh ga peduli krn sakit).

Ga lama kemudian aku teriak lagi “suster ada lagi yg mau keluar”. Salah 1 bidan langsung cek dalam, dan katanya udh bukaan lengkap. Trus dia blg boleh ngeden nanti dia yg bantu keluarin bayinya.

Stelah diposisiin buat lahiran, aku teriak lg ke bidannya “ga jadi, ga jadi”… Trus bidannya bilang,”gimana ga jadi bu, udh keluar ini bayinya. Tinggal ngeden dikit aja”

Ok, siap2 tarik napas buat ngeden, dan hooop …. Tau2 bidan bilang “udah bu, udah ga usah ngeden lagi.” Kt suamiku udh keluar 1/2 badan baby nya. Abis itu,baby raphael dikasih ke aku buat IMD. Pas liat mukanya…. Lhaaa ini Raphael atau Michael sih? Mukanya sama persis sama kokonya.

Lamaaaaa stlh itu baru deh dokter dtg, trus mau jahit bag bawah itu. Kali ini dibius dulu (yg dl ga dibius), sakiiit pas disuntiknya. Beda deh sama dulu.

Yah segitu aja deh cerita lahirannya. Nulisnya lama ya, ini sampe baby nya udh umur 4 bln baru di publish.

Leave a Reply

