Resep: Tumis Tempe Kacang Panjang

Masak nya lumayan cepet, abisnya cepet juga… hehe

Bahan:

100 gr Tempe –> dipotong korek api/sesuai selera

10 batang kacang panjang –> dipotong2

Kecap Manis

Saus Tiram

Garlic Powder

Garam

Lada

Cara membuat:

panaskan minyak goreng sedikit (kurang lebih 1 sdm) di wajan, masukkan tempe yang sudah dipotong potong. jangan lupa diaduk2 terus, tambahkan kecap manis dan saus tiram. aduk2 terus.

setelah kira2 meresap, masukkan kacang panjang yg sudah dipotong potong.

aduk2 sebentar, sambil masukkan garam dan lada secukupnya. bisa ditambahkan bubuk bawang putih (garlic powder) jika suka.

matikan api begitu kacang panjang sudah matang. siap disantap.

Advertisements

Resep: Sup Kacang Hijau Bola bola Ayam

Waaah gue seneng banget deh pas kemaren masak ini berhasil. dulu soalnya gue pernah nyoba bikin bola2 daging/ayam tapi entah kenapa pas dibuat sup jadi daging nya berserakan gitu. biar gak lupa, gue post dulu resepnya disini.

 

Bahan:

100 gr Kacang Hijau kering –>direndam kurang lebih 12 jam

1 butir kentang –>potong2 kecil

1 butir wortel import –>potong2 kecil

100 gr daging ayam giling

1 butir telur (pisahkan putihnya saja)

1 sendok makan tepung maizena

Cara membuat:

campur dalam 1 mangkok: daging ayam giling, tepung maizena, putih telur, garam dan lada (gue pake lada hitam biar lebih berasa). setelah adonan tercampur rata, gunakan 2 sendok membentuk bulatan2.

Panaskan air di dalam panci, diberi garam dan lada secukupnya. setelah air mendidih cemplungkan bola bola ayam yang telah dibentuk tadi sampai mengapung.

Setelah bola bola ayam terapung semua, masukkan kacang hijau yang sudah direndam 12 jam. setelah mendidih masukkan potongan kentang dan wortel.

cicipi, kalau masih kurang bisa ditambah lagi garam dan ladanya. aduk2 sampai rata setelah mendidih matikan api.

Sup siap dihidangkan. (jika suka pada proses terakhir bisa ditambahkan jamur kuping dan kocokan telur)

kira2 bisa untuk 5 porsi.