Welcome to the world baby Raphael

Myth: anak ke2 lahir lbh cpt

Fact: wrong

Myth: anak ke2 lebih gampang lahirnya krn udh ada jln lahirnya

Fact: wrong (not always)

Dulu waktu lahiran Mike, perfect timing banget. Jumat hr terakhir kerja, eh minggu nya udh lahir. Dan lahirnya termasuk lancar, se normal normal nya.

Pas nunggu lahiran Raphael, tentu saja gua berharap akan lbh mudah (refer to the myths above).

1. Krn dl lahiran mike di 38w, gua pikir bisa maju ke 37w buat adiknya. Jadilah gua cuti dimulai 37w3d. Ternyata oh ternyata sampe 39w blom lahir jg.

2. Krn udh kelamaan nunggu, jdnya super excited buat ke kamar bersalin dan bolak balik nanyain induksi ke susternya.

3. Cerita2 kl diinduksi itu sakit adalah BENAR!!!!

Ok, now the story goes:

Gua mulai cuti tgl 13 Juni. Tiap pagi + malem hubby nanyain udh ada tanda2 blm?

Kamis malem tgl 23 Juni, ada bercak coklat dikit. Krn udh cuti kelamaan, jd lah gua n hubby super excited ngeliatnya. Walaupun gua sempet ragu sih krn yg dl bercaknya lbh byk.

Malem itu jg kita berangkat ke RS Carolus. Langsung menuju kamar bersalin. Sama kaya dl, ditanya2 byk bgt…. baru deh diperiksa bukaan. Ternyata sodara2… baru bukaan 1 sempit. Haduuuh malu bukan main…. instruksi dokter disuruh nginep utk observasi, krn anak ke2 bs lbh cpt nambah bukaannya. Tapi gua milih plg aja. Ogah ah nginep di kamar bersalin.

Jd lah kita plg lg kamis mlm itu. kita pikir ah msh lama jg lah…. denger2 dr tmn bukaan 1 ke bukaan 2 bs seminggu.

Jumat pagi, suami nanyain tanda2… krn ga ada apa2, berangkat lah dia ke kantor. Pas dia msh di jln, taunya ada keluar darah merah kaya haid lumayan byk. Aku shock donk, krn kl hamil kan keluar darah gt bisa keguguran…. jadilah sibuk telponin suami utk buru2 ke RS.

Krn posisi suami di taman suropati, udh deket ke RS Carolus, jd aku berangkat langsung dr rmh sama ortu dan Mike.

Begitu sampe kamar bersalin, dibilangin sama bidan yg senior (dl wkt lahiran Mike dia udh ada) kl keluar darah / pendarahan bukan tanda2 mau bersalin. Tanda mau bersalin itu kl udh kontraksi/mules per 5 menit atau ketuban pecah. Sementara saat itu sama skali aku ga ada mules. Tapi aku ngotot krn dl jg ga mules pas anak ke1.

Jd lah aku masuk lg ke kamar bersalin, ditanya2 lagi dan dicek bukaan…. dan sodara2 cuma baru bukaan 2 donk. Pengen plg lg tp malu… trus suami jg males bolak balik lg. Jd ya udh kita nunggu aja dl disitu.

Diobservasi sama bidan n suster2 yg super sabar di carolus. Aku bolak balik tanya ke mereka knp ga diinduksi aja? Ktnya perintah dokternya gitu, ditunggu aja sampe lahir se normal2 nya. (Hmm okeh ini emang typical dokter pilihan ku, jd yah udh resiko deh). Padahal sampe jam 5 sore itu baru bukaan 3 doank loh… lama buanget kan.

Sekitar jam 7 malem dicek lagi masih sama bukaan 3 jg. Aku udh hopeless, ini kayanya baby masih betah di dlm, mgkn hrs nginep di kamar bersalin atau malah pulang lg. Ternyata instruksi dokter kali ini adalah induksi dgn 1/4 tablet gastrul. Disuruh ttd surat pernyataan dsb… masih dgn berani ttd krn mikir ah paling kaya apaan.

Jam 8.15 malem mulai diinduksi. Masih bs ketawa2 sama hubby, jalan2 muterin kamar bersalin. Jam 9.30 udh mulai sakiiiiiit meringis kesakitan. Ga mau jalan2 lg, maunya tiduran aja. Lupa jam brp udh mulai ngaco, minta di caesar aja ke hubby krn udh ga tahan sakitnya. Untung aja emang RS, dokter plus hubby semua pro normal. Jd pasti ga ada yg stuju di caesar.Lagian udh nanggung kt hubby.

Jam 10an minta ke bidan buat di cek bukaan, tp ktnya instruksi dokter jam 12 baru di cek lg. Haduh aku udh ga tahan lg. Aku bilang ke bidannya kl berasa mau pup. Jadilah dicek juga, dan ternyata udh bukaan 8 donk. Eaaah kaya gt kaga mau cek lagi. Langsung dokter dipanggil. Ambulance berangkat utk jemput dokter.

Aku disuruh tiduran hadap kiri dan ga boleh ngeden krn nunggu dokter Benny datang naik ambulance. Waduh baby Raphael udh ga sabar mau keluar nih, rasa sakit semakin menjadi.

Jam 11an aku teriak “suster ada yg mau keluar”. langsung deh mereka datang, ngecek2 trus byur…. berasa basah… ketuban ku pecah. Salah 1 bidan bilang “gpp bu itu air ketuban”. Trus mereka sibuk gantiin alas yg basah dsb (udh ga peduli krn sakit).

Ga lama kemudian aku teriak lagi “suster ada lagi yg mau keluar”. Salah 1 bidan langsung cek dalam, dan katanya udh bukaan lengkap. Trus dia blg boleh ngeden nanti dia yg bantu keluarin bayinya.

Stelah diposisiin buat lahiran, aku teriak lg ke bidannya “ga jadi, ga jadi”… Trus bidannya bilang,”gimana ga jadi bu, udh keluar ini bayinya. Tinggal ngeden dikit aja”

Ok, siap2 tarik napas buat ngeden, dan hooop …. Tau2 bidan bilang “udah bu, udah ga usah ngeden lagi.” Kt suamiku udh keluar 1/2 badan baby nya. Abis itu,baby raphael dikasih ke aku buat IMD. Pas liat mukanya…. Lhaaa ini Raphael atau Michael sih? Mukanya sama persis sama kokonya.

Lamaaaaa stlh itu baru deh dokter dtg, trus mau jahit bag bawah itu. Kali ini dibius dulu (yg dl ga dibius), sakiiit pas disuntiknya. Beda deh sama dulu.

Yah segitu aja deh cerita lahirannya. Nulisnya lama ya, ini sampe baby nya udh umur 4 bln baru di publish.

Advertisements

Daycare in BSD (updated)

Sebelumnya, saya pernah posting ttg info2 daycare di seputar BSD. Bisa dilihat postingannya di sini https://anita2506.wordpress.com/2013/06/24/daycare-in-bsd/

Saya mau update beberapa hal. Ada tambahan daycare lain yg sebelumnya gak dicantumin (krn baru tau belakangan).

1. Wahana Balita Sehat (wbs)

(+) Pengasuhnya perawat RS sama ada 1 guru nya. Dapat makan 3x dan buah 2x. Pengasuhnya sabar bgt nyuapin makan n pinter kasih minum obat/vit.

2. i care

Udh pernah survei, semua OK. tapi faktor (-) nya gak dapat makan. itu selalu bikin saya gak jadi coba masuk sini.  Soalnya saya agak kesulitan kl harus masakin makanan buat si kecil tiap hari.

3. Step one

(+) ada preschool nya di bawah, jd pagi sekolah dl, baru siang-sore naik ke atas (daycare nya di lantai 2). Dapat makan+snack. Mainan nya buanyaaaaak buanget. dijamin anak2 gak bakal bosen deh.

(-) lokasi daycare di lantai 2, jd harus naik turun. krn utamanya adalah preshcool, jadi gak boleh kl cuma mau daycare aja. harus jd murid situ.

Pas nyoba di step one, anak saya seneng banget. dia suka sama miss nya dan suka mainan nya. tapi gak tau ya, waktu dipanggil sama mba nya, koq dia gak mau mendekat? kenapa ya???

4. Top i educare

(+) ada sekolahnya (preschool, tk n belajar ngaji)

(-) cuma sampe jam 5 sore. kayanya susah nih ya, walau kantor saya cuma 3 km aja, tp kan jam pulang kantornya 5.30. nah loh nanti 30 menit nya gimana tuh?

5. Bilik Dolan

(+) suasana nya enak, hommy banget. dapet makanan home made + snack/buah. Disini jg mainan nya buanyaaaak buanget.

===============================================

Buat no 6 dan 7  di posting sebelumnya gak saya bahas ya.

6.  Chrysalis (new)

Lokasi: Gading serpong

(+) ada sekolahnya di bawah (preschool n TK), daycare nya di atas.

(-) Gak dpt makan. tapi bisa di provide dgn biaya 18,000/porsi

7. Sunny Place Schoolhouse (new)

Lokasi: Anggrek Loka, BSD

(+) ada sekolahnya (preschool n TK)

(-) gak dpt makan

Mike’s life in daycare

Mungkin ada yg udh baca postingan gua sblm nya soal daycare? Ya skrg gua mau cerita soal mike di daycare.

Ga terasa udh 3 bln Mike di daycare. Dlm hal ini tentunya yg dimaksud wbs (wahana balita sehat). Sebetulnya ada 1 2 hal yg bikin gua pengen mindahin mike ke daycare lain,tp krn blm nemu yg lbh ok plus mike nya seneng di wbs ya sampe hari ini jd msh disitu.

Makan: hmm kl sblm msk wbs mkn nya susah,skrg sama sih kadang susah jg. Kl udh susah itu ya,semua mkn an dilepehin tu,aduh kesel campur sedih kl d rmh,soalnya itu kan gua masak cape2 koq ya dilepeh gt aja,jd ga bs dimakan kan.
Tp gua seneng udh bbrp hari ini dpt laporan dr miss nya kl mike pinter mkn nya.
Emang sih kerasa dr “berat” nya pas gua gendong. Jd sbenernya kl miss nya boong,bs aja,tp ga bakal berat donk ya? Hehehe…

Ngomong: udh ada bbrp kata2 yg kedengeran jelas (kadang2 sih) kaya misalnya pagi2 bgn tau2 mike bilang “mau pergi” sambil ambil tas sekolah nya. Atau pas lg sakit mike rada rewel trus tarikin baju gua sambil blg “jgn pergi”.
Oiya bs jg nyanyi topi saya bundar walau mentok di “topi” (selanjutnya hrs dibantu)

Motorik: nah ini dia… Kayanya bkn dr daycare sih,emang dr sblm nya udh aktif,ga bs diem gt anaknya. Cm kl skrg bebas lari2an tiap hari kan. Nah ini jg yg bikin gua was2. Soalnya udh bbrp x mike plg dgn benjol di jidat. Entah yg kesandung karpet lah,nabrak tmn nya lah, atau bahkan ga lg lari,lg duduk tau2 di dorong tmn nya… Haduuuh

Nangis: nah ini kayanya trik yg dia pelajari di daycare. Soalnya dl gak kaya gini. Skrg kl apa yg dia mau gak diturutin,pasti dia “nangis” pdhal boongan. Sama kl diomelin jg gt. Nangis tp boong. Air mata buaya gt. Hahaha ampun deh ya msh kecil udh bs “air mata buaya”

Hmm apa lagi ya?
Ya so far sih gua ngeliat kl Mike lumayan “terurus” dgn baik lah di daycare ini.

Kl pas sakit ky wkt itu diare,gua lsg di sms buat konfirmasi obat. Oiya added value di wbs yg ngasuhnya perawat rs,jd mrk pinter tuh kl kasi minum obat. (Kl gua sampe lari2 paksa2 cekokin obat eh malah tumpah pula hiks)

Daycare in BSD

Ini ada list daycare yg sempat gua survei di daerah BSD. Ada jg sih yg cm di telp aja (blm survei tempat nya)
1. Wahana Balita Sehat
Lokasi di RS Bunda Dalima,Nusaloka,BSD

(+) Pengasuhnya perawat RS sama ada 1 guru nya. Dapat makan 3x dan buah 2x

2. I-care
Lokasi: sektor 14.4 Nusaloka BSD

(+) Ada nanny, ART, sama 2 guru. Ada cctv nya juga.

(-) gak dpt makan

3. Step One
Lokasi: the green BSD

(+) ada preschool nya di bawah, jd pagi sekolah dl, baru siang-sore naik ke atas (daycare nya di lantai 2). Dapat makan+snack

(-) lokasi daycare di lantai 2, jd harus naik turun.
4. Top I educare
Lokasi: Kencana Loka, BSD
5. Bilik Dolan
Lokasi: sektor 1.4, griya loka BSD

(+) suasana nya enak, hommy banget. dapet makanan home made + snack/buah

6. Rumah Kecik –> ini kayanya udah tutup, soalnya susah banget ditelp

7. Mutiara Ummi

Lokasi: sektor 1.3, griya loka BSD

(+) rumah nya baru direnov. mainan dan perlengkapan bagus.

(-) masih kosong…. ga ada anaknya. jd kl masuk sini Mike bakal sendirian…

survei stelah ada anak2nya: lsg ga sreg, soalnya ngeliat 2 org pembantu perempuan (yg 1 gendong baby pake gendongan, yg 1 gendong anak umur 1 taon an) sementara 2 anak makan (sendiri) dgn agak dicuekin + 1 pembantu laki2 yg lagi ngejar2 kasih makan anak. the house was chaotic.

Mike in Daycare

Pertimbangan untuk masukin Mike ke Daycare sebenernya udah lumayan lamaaaaaa….. (as in 1 year ago???)

Waktu itu gue baru abis cuti hamil, dan Mike umur 3 bulan. Kita kebingungan ga ada yg bisa jaga Mike. Udah survei beberapa daycare, tapi koq kasian yah… ga ada temen nya yg umur 3 bln. Kt mba yg jaga sih “boleh aja bu, tp anak disini umurnya di atas 2 th, kasian anak ibu nanti digangguin yg lain” :s

Akhirnya wkt itu kita minta tolong ke nyokap gue untuk bantu jaga Mike.  OK, time flies, kita sempet lupa tuh ama yg namanya daycare. trussss… gue sakit, nyokap gue sakit, aaaah kita pd sakit gara2 kecapean. Akhirnya kita putusin buat beli rmh di deket kantor gue (a.k.a BSD).

Setelah beli rmh di BSD, balik lg ke masalah awal…. Who will take care of my son?

Akhirnya survei2 beberapa daycare di daerah BSD. Yaaa, singkat cerita akhirnya kita milih 1 daycare. Namanya Wahana Balita Sehat. Lokasinya di RS Bunda Dalima, Nusaloka, BSD.

Alasan kita pilih daycare yg ini:

1. Makan nya disuapin. hihihi… yah, Mike makan nya susah banget dan di daycare ini gue liat para perawatnya sabar2 buat nyuapin dia makan.

2. Yang jaga itu para perawat, jd bukan sekedar mba atau nanny aja.

3. Makanan di provide oleh dapur RS yg diawasi oleh ahli gizi… hmmm so pasti lebih pinter dr sekedar mba/suster aja ya…

Day 1: On the first day, actually I was hoping a little crying from Mike. But no… oh no, I was soooo wrong. Mike was playing happily in the daycare when I left for work. When I picked him up after work, he looked happy… singing and smiling in the car.

Day 2: Again no crying, he likes the daycare a lot I assume. Buuuutttt… when I picked him up, the miss said he was crying in the afternoon… maybe he was tired. In the car, he just sat there and looking out the window.

Day 3: Oooh no, I thought everything will be smooth. This morning when I left for work, he didn’t want to let me go. He rejected when the miss tried to hold him. But when we took him to take a bath, he started smiling and playing…. I hope this afternoon he will be just fine.

Breastfeeding

breastfeeding is the most wonderful thing that you can do for your child.

Sejujurnya pada saat hamil, gue sempet pesimis soal ASI gue. makanya gue sama sekali gak beli peralatan perang buat memerah susu. gue pikir, ngapain lah beli mahal2 nanti kl ASI nya gak keluar mubazier.

Pas hamil 7-8 bulan gue sering ditanyain “ASI nya udh keluar blom? biasanya udah mulai keluar tuh” . Dan gue cuma bisa menggeleng sedih. gue berusaha mencari info sebanyak mungkin soal ASI ini. dan salah satu faktor yg katanya ngaruh itu IMD. Jadi lah gue dan suami memilih RS yang punya predikat Pro ASIX, Pro IMD. setelah banyak tanya2 kanan kiri, ternyata masih ada juga RS yang ngaku2 pro IMD tapi ternyata boong. jadi baby langsung ditaro di deket puting untuk nyusu selama 5 menit. padahal bukan itu IMD yg sebenernya. (bisa google soal IMD yah biar tau info lengkapnya..)

Tanggal 22 April 2012 pagi saat gue mulai keluar flek, gue langsung masuk ke kamar bersalin di RS Carolus. pas masuk ditanyain sama bidan nya “ASI nya udah keluar blom bu?” lagi2 gue hanya bisa menggeleng sedih. trus sama si bidan dicek lah payudara gue dan dipencet2 sama dia. trus dia bilang “itu udah keluar bu”, gue jg melihat ada tetesan di ujung puting. waaaah senang nya… itu cairan emas buat anak gue.

Setelah berhasil melahirkan Mike secara normal, tentunya saat yg sudah dinanti yaitu IMD. Mike ditaruh di dada, dia merayap2 mencari puting sambil kakinya menekan2 perut gue (ktnya sih ini berfungsi buat ngecilin perut). gue bener2 puas karena bisa IMD lebih dr 1 jam, dan Mike langsung menyusu dengan lahap.

hari2 berikutnya, gue terus menyusui Mike. ASI pada awalnya masih sedikit. dokter kandungan gue ngingetin buat mulai nyetok asi perah karena dia tau gue bakalan balik kerja lagi. disini bisa liat info manajemen ASI Perah http://mommiesdaily.com/2011/07/11/manajemen-asi-perah/

gue sempet stress karena setelah nyusuin, ASI yg bisa gue tabung cuma dikit banget. hiks. pada waktu itu gue masih memerah pakai tangan sesuai ajaran dari RS. (lagi2 karena gue blom beli peralatan apa2). gue bersyukur banget karena teman2 banyak yg memberi kado yg support ASI seperti misalnya breast pump, breast pad, cooler bag, ice gel, breastmilk bottle, breastmilk bag.

Mulai memasuki 2 bulan, ASI gue lancar banget. sangat melimpah ruah. setelah nyusuin pun, gue masih bisa pompa lagi buat stock. Malahan kalo lupa mompa, payudara gue jadi bengkak dan keras kaya batu.

satu hal yg pasti, tidak ada yg bisa menggantikan hisapan baby. di saat payudara gue bengkak dan keras, dipompa malah makin sakit dan sedikit sekali yg keluar. jadi salah 1 caranya dengan mengkompres, dan pencet2 bagian yg keras (sambil meringis kesakitan), trus diminumkan ke baby. My baby is my healer. Dia selalu bisa mencari cara untuk mencairkan sumbatan2 itu.

Karena tabungan ASIP sudah banyak, maka freezer di kulkas sudah tidak mampu menampung lagi. akhirnya gue membeli freezer khusus ASI yg 5 rak. awalnya sempet pesimis (lagi2 gak PD dengan ASI ku). gile freezernya gede bgt, mau buat simpen apaan aja nih?

Setelah gue masuk kerja, ternyata produksi ASI tetap melimpah ruah. saat ini baby gue umur 4.5 bulan dan freezer 5 rak itu selalu full… bahkan kalo pas overload tetep numpang di freezer bagian atas kulkas.

Gue tetap menyusui secara langsung di malam hari, jadi mulai gue pulang kerja sampai subuh. biasanya Mike akan bangun jam 3 atau 4 pagi untuk nyusu. Selain itu, Mike harus minum asip dari botol karena gue kerja. Bener2 perjuangan banget, harus bangun malem2, pagi2 udah harus mompa lagi. di kantor juga 3 x mompa jam 8,12, 17. belum lagi membawa cooler bag dengan isi asip 600-700 ml naik bis dalam perjalanan pulang. malam di rumah masih harus mompa lagi. benar2 melelahkan, tapi menyenangkan.

Banyak banget keuntungan dr menyusui (breastfeeding) ini. antara lain mempercepat penurunan berat badan. saat ini berat badan gue lebih ringan daripada sebelum hamil. ternyata enaknya nyusuin, kita bisa tetep makan banyak tapi gak gendut hehehe…  Selain itu menjaga hubungan ibu dan anak. kayanya anak gue bisa ngerasain kl pas gue lagi stress, sedih, marah, dll.  KB Alamiah. menurut teori sih selama kadar hormon prolaktin (hormon yg memproduksi ASI) kita tinggi, kita otomatis gak subur (ditandai gak dpt haid). Dan pastinya ekonomis. bayangin aja berapa duit yang bisa dihemat kalo kita nyusuin sendiri? Gue sendiri blm tau bisa nyusuin berapa lama. target utama asix 6 bulan dulu deh. setelah itu kalo memang masih banyak asi nya bisa lanjut. Karena banyaknya keuntungan2 itu, makanya breastfeeding bener2 worth untuk diperjuangkan.

How to get your baby to drink from a bottle?

well, skrg jdnya gak berurutan deh ceritanya. tp gpp deh nanti gue baru ngisi lagi missing link nya.

Mike is 4 months old now. for the first 2 months, he only drank straight from my breast.  I was afraid that he prefers the bottle over me. After the first 2 months, we tried offering him a bottle. The first bottle was baby huki for newborn 60 ml. He seemed okay with it. so i thought i could leave him with my mom when i return to work.

When mike turned 3 months old, i must return to work. He liked drinking from his bottle for the first 2 weeks, but 60 ml was not enough for him anymore. So i changed the bottle into 120 ml. this was when the story began.

Using the 120 ml bottle, mike liked playing with it. he did not finish the milk, instead he just played with it for hours before finishing it. sometimes it made the bottle leaked and the milk poured onto his shirt. My dad bought him a new nipple, size M thinking that the S size might be too small for him. He liked it for few days… but then started playing with it again.

I tried changing the nipple into pigeon peristaltic. He drank the milk, but I couldn’t say that he liked it.

during the lebaran season, my husband and I were the ones taking care of Mike. We tried all kinds of bottles and nipples: puku, pigeon peristaltic, pigeon silicon, pigeon size L, baby huki on puku bottle. My husband even bought a new pigeon glass bottle. but Mike seemed rejecting everything.

Yesterday was a disaster. Mike refused to drink at all… We really don’t know whether it was the bottle, the nipple, the milk, or the temperature. Or perhaps Mike was just full…. From 7am to 1 pm, he drank only 190 ml. totally impossible. I was at work, my husband was devastated and called me up to come home. but he cancelled when Mike started taking a little zip.

When I got home from work, i offered him my breast, and he sucked vigorously. OMG so he was hungry the entire day…

Then I tried offering him with his old favourite bottle. the small newborn baby huki 60 ml. He drank the 60 ml all the way.

today, i still dont know what will happen to mike and my husband. I hope Mike will drink the expressed breast milk from the bottle.