Yuk nabung saham

Bagi para roker, sekarang sering ada iklan di TV yg ada di KRL yg bunyi nya ttg anjuran untuk nabung saham. Sebetulnya gimana sih caranya?

Dulu saya jg bingung. Nabung itu yg saya tau ya di bank. Masukin uang ke tabungan yg bunganya cuma 1% per tahun. Eh tp masih lumayan kan daripada masukin di celengan rumah yg gak dapet bunga. Nah kl udh rada banyak, biasanya dimasukin ke deposito yg bunganya rada gede dikit, bisa 4-5% per tahun.

Sekarang saya gak mau lagi tuh. Soalnya dengan nabung saham, kita bisa dapet bunga yg lebih besar (bisa sampe 20% per tahun). Tentunya ada banyak info yg simpang siur yg kita dengar tentang saham. Mulai dari “jual beli saham ribet” sampai “saham itu judi”.

Tentunya kalau kita mau banyak belajar, kita bisa tau saham mana sih yang bagus dan mana saham gorengan. Saham gorengan ini gak bagus buat investment, soalnya harganya fluktuatif. Naik turun kaya naik roller coaster. Wah, bisa gak bisa tidur nanti.

Kalau saya, sukanya terima beres. Jadi saya bergabung dengan komunitas Happy Billionaires Club. Komunitas HBC ini membantu orang2 awam (termasuk newbie seperti saya) mulai dari 0 sampe membimbing caranya beli saham.

Nah, kebetulan banget tgl 14 Agustus 2017 mau ada kelas Free Trial. Belajarnya pakai WA groups, jadi bisa sambil momong anak di rumah.

Buat yg minat, boleh comment di bawah, nanti saya daftarin. Thank you.

Hunting Primary School (SD) in BSDĀ 

After hunting for preschool, kindergarten, now is time to hunt for primary school for my eldest son. As for Raphael, I think he will follow his brother, so I dont have to drop them to different schools in the morning.

1. Saint John Catholic School

Dari dulu udh suka bgt ama st john. Tapi koq harganya makin mahaaaaaal melambung tinggi…. SD nya udh 3.1 jt /bulan. Kayanya nyerah deh.

2. Canadian Montessori School

Super like this school. I went there once to chat with the principal and teacher. The teacher is orginal canadian. 

Pros:

  • No homeworks
  • No tests
  • Excellent english (with bule teacher)
  • Lots of montessori materials
  • Small school, so hommy
  • School fee: 2.250.000/ month

Cons:

  • Location is about half hour driving from my office/home. It will take time for me to go back n forth
  • No school bus (related to no 1)
  • No kindergarten.so raphael cannot enroll together with michael
  • Ujian Nasional will be held in Rumah Pelangi, pamulang
  • Small number of students
  • No playground (penting ga sih?)

3. Sophos school

Deeekeeet banget dr kantor. Tinggal jln kaki aja. Tapi muahaaaal. Rincian harga utk masuk SD:

Uang pangkal 36 jt

Uang sekolah 2.350.000/bulan

Uang buku 2.000.000/th

Seragam, library, dll ada lagi harganya

4. Anderson school

Sekolah ini ga pernah pasang iklan, lokasi jg tersembunyi. Tapi dari omongan org2 mutu sekolahnya bagus.

Kurikulum nasional plus singapore. Beberapa buku mereka import dr Singapore.

Biaya masuk SD:

Uang pangkal + buku: 17.500.000

Uang sekolah 860.000/ bulan

5. Strada bakti nusa

Dibanding yg lain2 di atas, emang nge jomplang bgt ya no 5 ini. Harga pun bagai bumi dan langit.

Pros: 

  • Very near to home
  • Kindergarten available
  • School bus available
  • Very very afordable (school fee 550.000/ month)
  • Big playground/sports field
  • Catholic school

Cons:

  • Bahasa
  • Need to pay for english n mandarin lesson (outside school)
  • Old fashioned school
  • Saturday is a school day

Welcome to the world baby Raphael

Myth: anak ke2 lahir lbh cpt

Fact: wrong

Myth: anak ke2 lebih gampang lahirnya krn udh ada jln lahirnya

Fact: wrong (not always)

Dulu waktu lahiran Mike, perfect timing banget. Jumat hr terakhir kerja, eh minggu nya udh lahir. Dan lahirnya termasuk lancar, se normal normal nya.

Pas nunggu lahiran Raphael, tentu saja gua berharap akan lbh mudah (refer to the myths above).

1. Krn dl lahiran mike di 38w, gua pikir bisa maju ke 37w buat adiknya. Jadilah gua cuti dimulai 37w3d. Ternyata oh ternyata sampe 39w blom lahir jg.

2. Krn udh kelamaan nunggu, jdnya super excited buat ke kamar bersalin dan bolak balik nanyain induksi ke susternya.

3. Cerita2 kl diinduksi itu sakit adalah BENAR!!!!

Ok, now the story goes:

Gua mulai cuti tgl 13 Juni. Tiap pagi + malem hubby nanyain udh ada tanda2 blm?

Kamis malem tgl 23 Juni, ada bercak coklat dikit. Krn udh cuti kelamaan, jd lah gua n hubby super excited ngeliatnya. Walaupun gua sempet ragu sih krn yg dl bercaknya lbh byk.

Malem itu jg kita berangkat ke RS Carolus. Langsung menuju kamar bersalin. Sama kaya dl, ditanya2 byk bgt…. baru deh diperiksa bukaan. Ternyata sodara2… baru bukaan 1 sempit. Haduuuh malu bukan main…. instruksi dokter disuruh nginep utk observasi, krn anak ke2 bs lbh cpt nambah bukaannya. Tapi gua milih plg aja. Ogah ah nginep di kamar bersalin.

Jd lah kita plg lg kamis mlm itu. kita pikir ah msh lama jg lah…. denger2 dr tmn bukaan 1 ke bukaan 2 bs seminggu.

Jumat pagi, suami nanyain tanda2… krn ga ada apa2, berangkat lah dia ke kantor. Pas dia msh di jln, taunya ada keluar darah merah kaya haid lumayan byk. Aku shock donk, krn kl hamil kan keluar darah gt bisa keguguran…. jadilah sibuk telponin suami utk buru2 ke RS.

Krn posisi suami di taman suropati, udh deket ke RS Carolus, jd aku berangkat langsung dr rmh sama ortu dan Mike.

Begitu sampe kamar bersalin, dibilangin sama bidan yg senior (dl wkt lahiran Mike dia udh ada) kl keluar darah / pendarahan bukan tanda2 mau bersalin. Tanda mau bersalin itu kl udh kontraksi/mules per 5 menit atau ketuban pecah. Sementara saat itu sama skali aku ga ada mules. Tapi aku ngotot krn dl jg ga mules pas anak ke1.

Jd lah aku masuk lg ke kamar bersalin, ditanya2 lagi dan dicek bukaan…. dan sodara2 cuma baru bukaan 2 donk. Pengen plg lg tp malu… trus suami jg males bolak balik lg. Jd ya udh kita nunggu aja dl disitu.

Diobservasi sama bidan n suster2 yg super sabar di carolus. Aku bolak balik tanya ke mereka knp ga diinduksi aja? Ktnya perintah dokternya gitu, ditunggu aja sampe lahir se normal2 nya. (Hmm okeh ini emang typical dokter pilihan ku, jd yah udh resiko deh). Padahal sampe jam 5 sore itu baru bukaan 3 doank loh… lama buanget kan.

Sekitar jam 7 malem dicek lagi masih sama bukaan 3 jg. Aku udh hopeless, ini kayanya baby masih betah di dlm, mgkn hrs nginep di kamar bersalin atau malah pulang lg. Ternyata instruksi dokter kali ini adalah induksi dgn 1/4 tablet gastrul. Disuruh ttd surat pernyataan dsb… masih dgn berani ttd krn mikir ah paling kaya apaan.

Jam 8.15 malem mulai diinduksi. Masih bs ketawa2 sama hubby, jalan2 muterin kamar bersalin. Jam 9.30 udh mulai sakiiiiiit meringis kesakitan. Ga mau jalan2 lg, maunya tiduran aja. Lupa jam brp udh mulai ngaco, minta di caesar aja ke hubby krn udh ga tahan sakitnya. Untung aja emang RS, dokter plus hubby semua pro normal. Jd pasti ga ada yg stuju di caesar.Lagian udh nanggung kt hubby.

Jam 10an minta ke bidan buat di cek bukaan, tp ktnya instruksi dokter jam 12 baru di cek lg. Haduh aku udh ga tahan lg. Aku bilang ke bidannya kl berasa mau pup. Jadilah dicek juga, dan ternyata udh bukaan 8 donk. Eaaah kaya gt kaga mau cek lagi. Langsung dokter dipanggil. Ambulance berangkat utk jemput dokter.

Aku disuruh tiduran hadap kiri dan ga boleh ngeden krn nunggu dokter Benny datang naik ambulance. Waduh baby Raphael udh ga sabar mau keluar nih, rasa sakit semakin menjadi.

Jam 11an aku teriak “suster ada yg mau keluar”. langsung deh mereka datang, ngecek2 trus byur…. berasa basah… ketuban ku pecah. Salah 1 bidan bilang “gpp bu itu air ketuban”. Trus mereka sibuk gantiin alas yg basah dsb (udh ga peduli krn sakit).

Ga lama kemudian aku teriak lagi “suster ada lagi yg mau keluar”. Salah 1 bidan langsung cek dalam, dan katanya udh bukaan lengkap. Trus dia blg boleh ngeden nanti dia yg bantu keluarin bayinya.

Stelah diposisiin buat lahiran, aku teriak lg ke bidannya “ga jadi, ga jadi”… Trus bidannya bilang,”gimana ga jadi bu, udh keluar ini bayinya. Tinggal ngeden dikit aja”

Ok, siap2 tarik napas buat ngeden, dan hooop …. Tau2 bidan bilang “udah bu, udah ga usah ngeden lagi.” Kt suamiku udh keluar 1/2 badan baby nya. Abis itu,baby raphael dikasih ke aku buat IMD. Pas liat mukanya…. Lhaaa ini Raphael atau Michael sih? Mukanya sama persis sama kokonya.

Lamaaaaa stlh itu baru deh dokter dtg, trus mau jahit bag bawah itu. Kali ini dibius dulu (yg dl ga dibius), sakiiit pas disuntiknya. Beda deh sama dulu.

Yah segitu aja deh cerita lahirannya. Nulisnya lama ya, ini sampe baby nya udh umur 4 bln baru di publish.

Senam hamil

Ok, I never wrote about this on my first pregnancy. But I will write a review on all the places i’ve been to for this.

1. Eka Hospital -BSD
Dulu waktu hamil anak pertama gua tinggal dekeeeet bgt sama Eka Hospital. Tinggal jln kaki sekitar 5 menit deh. Jadi lah lumayan sering senam disini. Dulu seinget gua th 2012 itu biayanya 50.000. dan ga gitu rame (ga sampe waiting list segala).
Sekarang (th 2016) harganya turun boooo…. jadi cuma 35.000. lumayan bgt ya hari gini ada yg turun harga. Tapi oh tapi…. antriannya membludak. Waiting list sampe 1 bulan…. eaaaah…. Jadilah di kehamilan ke2 ini justru gua blom pernah senam di Eka.
update:
Kesel bgt ama Eka Hospital. Gua kan udh waiting list sebulan tuh buat senam, eh masa 1 hari sblm nya ditelp, dikasi tau kl “besok senam hamil ditiadakan, diganti dgn seminar”. Lha gmn ini ga ada koordinasi bgt. Dan yg lbh ngeselin, si cs nya bilang gini “kalo ibu setuju ikut seminarnya, nanti saya anggap ibu udh ikut senamnya”. Heh???? Aneh bgt kan. Emangnya senam cm buat absen doank gt? Akhirnya batal lah gua senam di eka pas kehamilan ke2 ini.

2. Hermina Podomoro – sunter
Dapet info dr tmn pas hamil anak pertama kl disini senamnya lebih murah. Biayanya cuma 25.000. yah lumayan 1/2 harga dr eka hospital kan. Dan lokasi lumayan deket dari rmh nyokap. Jadi lah kl pas lg weekend ke rmh nyokap, gua ikutan senam disini.
Pas hamil anak ke2, lagi2 dpt rekomendasi dr tmn yg berbeda utk senam disini (krn frustasi ga kebagian tempat di eka). Harga tetap sama (pdhal udh 4 th berlalu).

3. Mitra Keluarga – Kelapa Gading
Wkt hamil anak pertama sempet jg coba senam disini. Ya pengen nyoba aja krn lbh deket dr rmh nyokap, drpd hrs ke sunter. Tnyt biayanya lbh mahal drpd hermina. 50.000 aja. Jam nya kurang ok mnurut gua. Krn senamnya jam 11-12, nah itu kan biasanya udh jam laper ya hihihi….. jd rada males senam deh.

4. Hermina Serpong
Nah dulu wkt anak pertama, blom ada RS Hermina Serpong. Jadi emang blom nyobain. Tp pas hamil anak ke2 udh ada, dan kebetulan gua tinggalnya deket situ. Jadi mau coba senam disitu. Udh telp jadwalnya tiap Sabtu jam 9-10. Semoga bisa ikutan.
Update:
Ikut senam hamil di sini 1x. Wkt itu dtg dr 8.30 an blm ada org yg daftar senam…. disuru lsg daftar n bayar aja. Baru dicek tensi. Abis itu nunggu sampe jam 9.15 msh blom ada tmn nya. Eaaaah ….. bidannya santai aja blg nunggu ada tmn nya dl bu.
Jam 9.30 akhirnya ada 2 tmn, kita naik ke atas ke ruang senam. Di dpn nya udh ada 1 bapak2 nungguin, taunya itu sales PIGEON. Trus stlh msk ruangan, dimulai dgn presentasi product pigeon dl. Sempet kesel sih, krn jadwal 9-10 kok ini jdnya jam 10 blm mulai senam. Untungnya si bapak bagiin voucher pigeon 20% jd lumayan lah…..
Senam akhirnya mulai jam 10 lewat dikit. Senamnya bentar sih cuma 30 menit an. Abis itu ada sesi tanya jawab sambil mkn snack. Dapetnya sifon cake+aqua botol. Akhirnya selesai jam 11 kurang dikit.

5. RS Gading Pluit
Pas lg ke gading pluit, iseng2 nanya di informasi bawah soal senam hamil. Ktnya ada tiap sabtu jam 9, biaya 30.000.
Krn cm beda goceng, pengen jg nyobain senam disini. Ternyata oh ternyata pas daftar malah disuru byr 45.000 dan senam nya ada rabu+sabtu jam 10. Ini gmn sih bag informasi nya ga akurat bgt. Grrrr……
Senamnya lumayan lama… sekitar 90 mnt loh. Plus ada pemeriksaan janin di awal. Jd total ampir 2 jam. Trus dpt kartu senam. Tapiiii ga dpt snack. Hihihi…. pdhal selesainya udh jam 12 kan, udh super laper n lemes.

Thank You Lord (Michael’s 4th birthday)

When I woke up this morning, I watched my son sleeping next to me.
Thank You Lord, for giving me 4 wonderful years with him … And more years to come.
A small baby that I gave birth 4 years ago, is now a big boy. He can run, jump, fight, spell, even write & read his own name. He is toilet-trained and sometimes can eat by himself.
A lot of things have happened in 4 years.
He has gone to 5 different school: wbs, bido, step one, shalom, eye level.
The next chapter for him will be : having a brother. Yes, hopefully in 2 months time he will have a brother. He is so excited and keeps on asking when I will due.

I hope God will always look out for him, take good care of him anytime… anywhere…. Amin

Shalom House Care

*disclaimer: all information posted here is based on my personal experience. So it is very subjective. Other people might have different view.

A few months ago I saw a big banner in Nusaloka BSD. It says Shalom House Care: daycare and preschool. I was interested because of the name, so i tried asking more information and also visited the place on December 2015.

During the last week of Dec 2015, i wanted my son to have trial, but apparently it closed for about 2 weeks. So i got my son scheduled for trial at January 4, 2016.

After the trial, I decided to enroll my son in Shalom. The first day was OK. Only 4 children with 2 caregivers and 1 maid. I never knew there will be a lot of surprises in this daycare.

The next day, 7 new children came so all 11 children with 2 caregivers and 1 maid. My son started crying and refused to stay.

First surprise: Daycare fee increased more than 20%. Ok, i know new year means increased prices. But the increase is kind of high, especially because the fee is higher than other daycare in the area.

Second surprise: more new children enrolled. We were promised the ratio will be 1:3 for toddler and 1:2 for baby. But with more than 15 children (babies n toddlers) only 2 carregivers, 1 maid, 1 teacher and 1 manager. During the last week my son was there only 1 caregiver, 1 maid, 1 manager.

Third surprise: we were given a schedule on our first day. We expected the schedule was made to be followed. But i found out that the dinner is at 4 pm, and afternoon snack at 5 pm. Different to the schedule. The result is my son is hungry by the time we reached home every night.

Fourth surprise: the name is shalom. Obviously you expect something christian. And the policy also stated that they will teach in christian way. The surprise is the caregiver and maid are not christians. How do you expect them to teach in christian way?

Fifth surprise: the food. I know food is really based on people’s taste. But this one is not on the taste, as i have never tried on. But more on the nutrition and variety.
Having coco crunch for breakfast is ok for once in a while. Maybe once a month or once in 2 months. But 3 x in a week????
Fish is a good source of protein, but seriously 3-4x a week eating fish everyday for lunch and dinner? What happen to egg, tofu, tempe, chicken, beef, pork?

Sixth surprise: actually this should be the first one. The staff turnover is high. On the trial day, i was surprised because all of the caregiver are different to the ones i met the month before. And they admitted that they just started working for a week. All of the caregiver that worked the year before, resigned. Only the teacher and maid stayed. And during my son was there, one of the new caregiver quit before a month. There must be something fishy here.

Hunting Daycare di BSD (again)

Setelah nulis daycare in bsd dan daycare in bsd(updated), akhirnya saya nulis lg ttg hunting daycare deh.

Emang sih cari daycare tuh susah2 gampang yah. Mgkn ampir mirip dgn cari mba/bs yg buat nemenin anak kita di rmh.

Coba kita list lagi ya daycare yg ada, disini udh saya tambahin bbrp daycare yg baru buka.

1. Wahana balita sehat (wbs)
Lokasi: RS Bunda Dalima, Nusa Loka
Pengasuhnya para perawat RS (nurse) dan ada gurunya

2. Step one
Lokasi: The Green, BSD
Ada sekolahnya toddler sampe pre k saja. Ga ada TK nya.

3. BKids
Lokasi: Kencana Loka, BSD (deretan granada square)
Ada sekolahnya tp hanya playgroup

4. Little eggs Daycare
Lokasi: kencana loka, BSD

5. Little March Daycare
Lokasi: Grand Serpong 2 (BSD coret dikit)

6. Bilik Dolan
Lokasi: sektor 1.4 Griya Loka (sebelah SD Raudah)

7. Sunny place schoolhouse
Lokasi: Anggrek loka, BSD
Kl disini bukan daycare, tp full day school. Sekolahnya mulai dr 2 th sampe 6 th (ada TK)

8. Shallom Housecare
Lokasi: Nusa loka, BSD

9. Turtle daycare
Lokasi: Melati Mas (kejauhan ya dr BSD)

10. Kepik Kuning
Lokasi: Amarapura (makin jauh aje dr BSD hihihi)

11. Icare
Lokasi: Nusaloka, BSD

12. Mutiara umi
Lokasi: sektor 1.1 atau 1.3 griya loka. (Deket taman jajan)

13. Young gemynds (sorry kl salah tulis, abis namanya susah)
Lokasi: the icon, BSD
Ada sekolahnya, level international. Harga yahud booo

14. Chrysalis
Lokasi: Gading Serpong (jauh ya dr BSD)

15. Ombo (omah bocah)
Lokasi: Serpong terrace (baruuuu buka bln ini)

16. Nto pondok jagung (jauh dari BSD)

17. Anak panah
Lokasi: panorama serpong (rada jauh dr BSD)

18. Rodeo daycare
Lokasi: gading serpong, deket bunderan sms

Udh segitu dl deh. Nanti ditambahin lg kl nemu lg. Feel free to put more in the comment.