Passport online

Udh lama pengen  share soal passport online. Cuma blom sempet2 nih….

Awalnya adik gua yg nyoba fasilitas passport online. Alesan utama biar irit cuti. Jd konon katanya cm perlu cuti 2x ajah. Yaitu 1x buat foto dan 1x buat ambil. Plus ga usah antri krn jam kedatangan udh ditentukan.
Tapi ternyata kenyataan sangat berbeda. Awalnya utk daftar passport online itu kita hrs upload dokumen2 yg udh ditentukan oleh imigrasi. Nah stlh upload beres, ada sedikit kerancuan. Ada bbrp org yg lsg byr ke bank. Ada jg yg byr nya di kantor imigrasi pas dtg buat foto itu.

Adik gua lsg dtg ke ktr imigrasi bawa copy document2. Mikir bs lsg byr disitu. Daaaan jreng ternyata ga bs tuh byr disitu. Sama petugasnya stlh nerima copy document (yg hrsnya udh diupload wkt daftar online ya.ngapain hrs bawa lg) diarahkan utk byr ke bni terdekat dan blk lg bsk nya…. haiaaaaa kl gitu mah sama aja donk dgn yg offline. Buat apa daftar online.

Bsknya dia dtg lg buat foto n wawancara. Trus dapet tanda bukti buat ambil passport nya 4 hr krj berikutnya. Untungnya pas ambil ga ada masalah. Pengambilan bs diwakilkan oleh org lain yg ada di KK yg sama.

Giliran gua n Mike mau buat passport nih. Sebenernya gua perpanjang sih. Hrsnya bs cari kanim yg ada one day service. Tp sayangnya disana ga terima buat baru. Jd ga bs buatin passport Mike. Grrrrr. …..

Akhirnya kita mutusin coba fasilitas passport online jg nih. Kita pilih kanim jakut. Sempet streeessss gara2 proses upload doc terhambat. Jd tnyt servernya itu cm bs diakses kl jam krj. (This is sooo weird. Why would they turn it off after office hour???) Berikutnya, pas coba upload di jam krj, ga bs jg….. tnyt krn scan doc nya berwarna. Haiaaaa….. jd hrs di change dl ke low res bw.
Stlh berhasil, kita dpt email dg tulisan suru byr sekian ke bni. Ya udh lsg kita byr deh.

On the d day, kita udh yakin bakal mulus krn kayanya udh ngikutin prosedur.
Udh sempet cek bbrp blog yg bilangin anaknya ga usah ikut dl. Takut rewel. Jd lah pagi2 gua antri di dpn kanim jam 5. Sementara Mike bobo sama oma nya.

Knp hrs antri??? Ya, krn di kanim jakut baik offline or online hrs antri ambil nomor buat submit doc. Dan di pagi itu udh ada 3 org yg antri jg lhoooo…. menurut petugas itu tmsk sepi. Biasanya jam 5-6 pagi antrian udh panjaaaaaang.

Jam 8 kanim buka, kita dpt map + formulir buat diisi. Trus antri buat serahin ke loketnya. Pas di loket, petugas ngecek dokumen2 fotocopy+asli. (Sbenernya kan udh di upload yaaa ngapain si butuh fotocopy an lg). Trus petugasnya tanya “anaknya mana?” Saya jawab “masih di rumah” (tet tot! Wrong answer). Trus petugasnya bilang kl anaknya ga ada dia ga bs proses form nya. Jd suru anaknya dtg dulu. Heh…. rese amat ya. Petugas ngembaliin map+form+fotocopy dokumen ke gua.

Akhirnya gua telp ke rmh minta org rmh anterin anak gua ke kanim saat itu jg. Setelah anak gua sampe, gua antri lg deh di loket…. (such a waste of time).
Di loket, petugas yg sama ngecek ulang lg form+fotocopy, sambil nanya anaknya mana. Trus gua tunjukin deh anak gua. Akhirnya map diambil sama dia, di stempel2 trus dia bilang suruh ambil no antrian. Whattt???? Knp ga blg dr td sih? Kl tau hrs ambil no kan bs gua ambil dr td.

Pas ambil no antrian nomornya udh “ratusan” deh. Giling, mo nunggu sampe jam brp nih? Ya sutra lah, ga ada pilihan lain jg kan…..

Sambil nunggu kita ngobrol2, eeh ternyata byk yg pake calo loh disitu. Trus ya, org2 yg pake calo itu bs dipanggil duluan. Bener2 aneh. Pdhal gua udh dtg plg pagi dan antri duluan…… grrrrr @#$%%&

Menjelang jam 12 siang nomor di display counter ga bergerak lg. Suami gua udh kesel bgt, anak gua jg udh mulai rewel kelamaan. Maksudnya sih kita mau nanya. Kl emang msh lama, anak gua pulang dulu aja. Eeeh krn kita nanya2 mulu ke petugas, jd nya disuru msk ke dalem (ruang foto+wawancara). Mungkin mrk takut berisik kali.

Di dlm ruang foto +wawancara, gua liat sendiri org2 yg antri pegang no antrian yg lbh gede dr no gua. (Dan pastinya lbh gede dr no di display counter). Dlm hati udh mikir….  ini pasti ada yg ga beres deh….. aaaandddd……. guess what? Mereka itu 1 rombongan pake caloooooo…… Ooooooooh ternyata oh ternyata. Jd kita2 yg antri tuh disuruh nunggu org2 yg pk calo gitu? Bagoes yaaaa…. bravo bravo.

Anyway, gua sama anak gua disuruh langsung foto, trus diminta nomor antriannya buat dicari map nya. Setelah itu wawancara ditanya bla bla bla… trus selesai deh. Prosesnya cepet bgt, ga sampe stengah jam loh.
Trus gua dikasi tanda terima buat ambil passport 3 hr krj stlh wawancara. Dan max diambil kl ga salah 1 bln deh. Trus kita pulang deh.

Eits … blom selesai loh prosesnya. 1 minggu kemudian suami gua dtg ke kanim buat ambil passport gua +anak gua (boleh diwakilkan dgn org yg 1KK).
Can u guesss what happened?????

Passport kita ga ada donk….. parah bgt ya, passport ilang di kanim. Petugasnya sampe cari di 2 lemari. Apparently lemari yg 1 buat “umum” dan lemari 1 lg buat “calo”

Suami gua ngamuk2 lah di situ… trus petugasnya janji ktnya mau cariin. Kemungkinan kebawa sama calo pas calo nya ambil passport lain. What??? Koq bs gt ya? Bukankah buat ambil passport perlu tanda terima dr petugas wawancara itu?

2 hari kemudian suami gua di telp sama petugas kanim. Ktnya passport gua+anak gua udah ada di kanim. Silakan diambil.
Trus kita cek udh ok.

Moral of the story: prosedur pembuatan passport masih byk calo. Sehingga menyusahkan buat yg mau lewat jalur resmi. Jd kl mau cepet, kayanya tetep hrs pake calo nih.

Leave a Reply

