Breastfeeding

breastfeeding is the most wonderful thing that you can do for your child.

Sejujurnya pada saat hamil, gue sempet pesimis soal ASI gue. makanya gue sama sekali gak beli peralatan perang buat memerah susu. gue pikir, ngapain lah beli mahal2 nanti kl ASI nya gak keluar mubazier.

Pas hamil 7-8 bulan gue sering ditanyain “ASI nya udh keluar blom? biasanya udah mulai keluar tuh” . Dan gue cuma bisa menggeleng sedih. gue berusaha mencari info sebanyak mungkin soal ASI ini. dan salah satu faktor yg katanya ngaruh itu IMD. Jadi lah gue dan suami memilih RS yang punya predikat Pro ASIX, Pro IMD. setelah banyak tanya2 kanan kiri, ternyata masih ada juga RS yang ngaku2 pro IMD tapi ternyata boong. jadi baby langsung ditaro di deket puting untuk nyusu selama 5 menit. padahal bukan itu IMD yg sebenernya. (bisa google soal IMD yah biar tau info lengkapnya..)

Tanggal 22 April 2012 pagi saat gue mulai keluar flek, gue langsung masuk ke kamar bersalin di RS Carolus. pas masuk ditanyain sama bidan nya “ASI nya udah keluar blom bu?” lagi2 gue hanya bisa menggeleng sedih. trus sama si bidan dicek lah payudara gue dan dipencet2 sama dia. trus dia bilang “itu udah keluar bu”, gue jg melihat ada tetesan di ujung puting. waaaah senang nya… itu cairan emas buat anak gue.

Setelah berhasil melahirkan Mike secara normal, tentunya saat yg sudah dinanti yaitu IMD. Mike ditaruh di dada, dia merayap2 mencari puting sambil kakinya menekan2 perut gue (ktnya sih ini berfungsi buat ngecilin perut). gue bener2 puas karena bisa IMD lebih dr 1 jam, dan Mike langsung menyusu dengan lahap.

hari2 berikutnya, gue terus menyusui Mike. ASI pada awalnya masih sedikit. dokter kandungan gue ngingetin buat mulai nyetok asi perah karena dia tau gue bakalan balik kerja lagi. disini bisa liat info manajemen ASI Perah http://mommiesdaily.com/2011/07/11/manajemen-asi-perah/

gue sempet stress karena setelah nyusuin, ASI yg bisa gue tabung cuma dikit banget. hiks. pada waktu itu gue masih memerah pakai tangan sesuai ajaran dari RS. (lagi2 karena gue blom beli peralatan apa2). gue bersyukur banget karena teman2 banyak yg memberi kado yg support ASI seperti misalnya breast pump, breast pad, cooler bag, ice gel, breastmilk bottle, breastmilk bag.

Mulai memasuki 2 bulan, ASI gue lancar banget. sangat melimpah ruah. setelah nyusuin pun, gue masih bisa pompa lagi buat stock. Malahan kalo lupa mompa, payudara gue jadi bengkak dan keras kaya batu.

satu hal yg pasti, tidak ada yg bisa menggantikan hisapan baby. di saat payudara gue bengkak dan keras, dipompa malah makin sakit dan sedikit sekali yg keluar. jadi salah 1 caranya dengan mengkompres, dan pencet2 bagian yg keras (sambil meringis kesakitan), trus diminumkan ke baby. My baby is my healer. Dia selalu bisa mencari cara untuk mencairkan sumbatan2 itu.

Karena tabungan ASIP sudah banyak, maka freezer di kulkas sudah tidak mampu menampung lagi. akhirnya gue membeli freezer khusus ASI yg 5 rak. awalnya sempet pesimis (lagi2 gak PD dengan ASI ku). gile freezernya gede bgt, mau buat simpen apaan aja nih?

Setelah gue masuk kerja, ternyata produksi ASI tetap melimpah ruah. saat ini baby gue umur 4.5 bulan dan freezer 5 rak itu selalu full… bahkan kalo pas overload tetep numpang di freezer bagian atas kulkas.

Gue tetap menyusui secara langsung di malam hari, jadi mulai gue pulang kerja sampai subuh. biasanya Mike akan bangun jam 3 atau 4 pagi untuk nyusu. Selain itu, Mike harus minum asip dari botol karena gue kerja. Bener2 perjuangan banget, harus bangun malem2, pagi2 udah harus mompa lagi. di kantor juga 3 x mompa jam 8,12, 17. belum lagi membawa cooler bag dengan isi asip 600-700 ml naik bis dalam perjalanan pulang. malam di rumah masih harus mompa lagi. benar2 melelahkan, tapi menyenangkan.

Banyak banget keuntungan dr menyusui (breastfeeding) ini. antara lain mempercepat penurunan berat badan. saat ini berat badan gue lebih ringan daripada sebelum hamil. ternyata enaknya nyusuin, kita bisa tetep makan banyak tapi gak gendut hehehe…  Selain itu menjaga hubungan ibu dan anak. kayanya anak gue bisa ngerasain kl pas gue lagi stress, sedih, marah, dll.  KB Alamiah. menurut teori sih selama kadar hormon prolaktin (hormon yg memproduksi ASI) kita tinggi, kita otomatis gak subur (ditandai gak dpt haid). Dan pastinya ekonomis. bayangin aja berapa duit yang bisa dihemat kalo kita nyusuin sendiri? Gue sendiri blm tau bisa nyusuin berapa lama. target utama asix 6 bulan dulu deh. setelah itu kalo memang masih banyak asi nya bisa lanjut. Karena banyaknya keuntungan2 itu, makanya breastfeeding bener2 worth untuk diperjuangkan.

One thought on “Breastfeeding

Leave a Reply

